Pemerintah Antisipasi Liburan Natal dan Tahun Baru

Pemerintah Antisipasi Liburan Natal dan Tahun Baru
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito menggelar video conference dengan seluruh jajarannya masing-masing, Selasa (29/11). Ketiga lembaga pemerintahan ini meminta seluruh jajarannya di Indonesia agar bersiap menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

"Nanti pasti ada mobilisasi masyarakat yang berlibur rayakan Natal dan Tahun Baru. Ini peningkatan konsumsi pangan. Karena libur ada pesta-pesta. Oleh karena itu, kami rapat bersama dengan Menhub, Mendag dan beberapa instansi terkait PUPR, kesehatan, Pertamina, dan Jasa Marga," kata Tito di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada prinsipnya, kata Tito, video conference membahas kesiapan jajaran untuk mengantisipasi dua perayaan tersebut. Seperti memetakan potensi konflik, memobilisasi penduduk, dan permasalahan pangan.

‎"Untuk kesediaan pangan informasi dari Bulog dan Mendag stoknya aman. Antisipasi lain di Cipali, Pantura, Brexit, kami akan rapat lagi supaya peristiwa yang lalu tidak terulang,” jelas Tito.

Sementara itu, Menhub Budi Karya menjelaskan, pihaknya akan fokus mengawasi transportasi massal seperti angkutan darat, udara, dan laut.

"Dari Kemenhub akan menilik moda angkutan darat, laut, dan udara akan berdayakan untuk kolaborasi dengan angkutan yang ada. Kami lakukan cek kendaraan pesawat, kereta, kapal, dan sebagainya," terang dia.

Budi juga mengaku, akan melakukan evaluasi internal untuk mengantisipasi gangguan moda transportasi, sarana, dan prasaranya.

"Hal lain tempat khusus kami kolaborasi lagi. Tahun lalu ada Brexit, kemungkinan kemacetan di Merak, Bakauheni, dan beberapa tempat di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," tambah Budi.

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito menggelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News