Pemerintah AS Tolak Usulan Uang Koin Platinum

Pemerintah AS Tolak Usulan Uang Koin Platinum
Pemerintah AS Tolak Usulan Uang Koin Platinum
WASHINGTON - Gagasan untuk menerbitkan uang koin platinum untuk menekan utang negara, mendapat tentangan dari Departemen Keuangan ASdanFederal Reserve. AnthonyColey, juru bicaraDepartemen Keuangan mengeskan bahwa  baik Departemen KeuanganmaupunFederal Reserve tidak akan memfasilitasiproduksikoinplatinum tersebut.

jpnn.com - Ide penerbitan tersebut dilontarkan oposisi tengah partai Republik yang mengusulkan menaikkan plafon utang tanpa pemotongan anggaran belanja negara. Beberapa perwakilan partai Demokrat, termasuk pimpinan DPR, Nancy Pelosi setuju pada usulan tersebut dengan menggunakan amandemen konstitusi ke-14 serta pencetakan koin platinum bernilai nominal USD 1 triliun yang akan digunakan untuk pembayaran utang pemerintah.

AS telah mencapai batas pinjaman pada 31 Desember lalu. Terkait itu, Departemen Keuangan menerapkan langkah "luar biasa" untuk membiayai utang pemerintah. Kantor Anggaran Kongres memperkirakan langkah-langkah tersebut akan habis pada pertengahan Februari.

Ada dua pilihan untuk menangani batas utang: Kongres membayar tagihan atau gagal bertindak dan menempatkan bangsa ini dalam kesulitan,” tulis sebuah pernyataan dari Gedung Putih. (BLOOMBERG/mas/jpnn)


WASHINGTON - Gagasan untuk menerbitkan uang koin platinum untuk menekan utang negara, mendapat tentangan dari Departemen Keuangan ASdanFederal Reserve.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News