Pemerintah Butuh 17.928 CPNS bagi 61 Instansi, Ini Daftarnya

Pemerintah Butuh 17.928 CPNS bagi 61 Instansi, Ini Daftarnya
Tampilan laman Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) di alamat https://sscn.bkn.go.id/

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tengah membutuhkan 17.928 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 61 instansi pemerintahan. Pendaftaran bagi pelamar sudah dibuka pada Selasa (5/9).

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, perekrutan CPNS itu untuk pengganti PNS yang pensiun, sekaligus mengantisipasi peningkatan beban kerja pada kementerian/lembaga. “Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk kementerian/lembaga sebanyak 17.428,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/9).

Instansi yang membutuhkan paling banyak CPNS adalah Kementerian Keuangan. Jumlahnya mencapai 2.880 CPNS.

Sedangkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN membutuhkan 1.610 CPNS. Selanjutnya ada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) yang membutuhkan 1.500 CPNS.

Selain ketiga instansi itu, ada kementerian/lembaga yang membutuhkan PNS dalam jumlah lumayan. Yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Agama dan Kejaksaan Agung yang masing-masing membutuhkan 1.000 CPNS.

Sedangkan lembaga yang membutuhkan tambahan CPNS paling sedikit adalah Badan Pengawas Tenga Nuklir (Bapeten). Lembaga yang kini dipimpin Jazi Eko Istiyanto itu membutuhkan 10 CPNS.

Sedangkan Provinsi Kalimantan Utara menjadi satu-satunya instansi pemerintah daerah yang pada tahun ini diizinkan merekrut CPNS. Provinsi baru itu masih kekurangan pegawai sehingga menyediakan lowongan untuk 500 PNS.

Untuk informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB di www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs kementerian/lembaga yang bersangkutan.

Pemerintah membuka pendaftaran guna merekrut 17.928 CPNS yang akan ditempatkan di 61 kementerian/lembaga dan pemda. Pendaftaran sudah dimulai 5 September 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News