Pemerintah dan Publik Harus Kompak Melawan Hoax

Pemerintah dan Publik Harus Kompak Melawan Hoax
Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) John Fresly menyatakan, pemerintah harus proaktif bersinergi dengan masyarakat untuk memastikan kebenaran ketika menyampaikan informasi ke ruang publik. Menurutnya, pemerintah harus lebih giat melakukan konter terhadap informasi hoax.
               
“Yang harus dilakukan pemerintah adalah lebih giat melakukan konter informasi hoax. Dikonter dengan informasi yang benar,” kata John saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk Media Sosial, Hoax dan Kita di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1).
               
Sedangkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, perlu upaya bersama masyarakat untuk terus melakukan literasi media. Menurut dia, hal itu untuk mendorong masyarakat membenahi diri dalam menyikapi setiap informasi.
               
“Jadi literasi perlu ditingkatkan dan partisipasi masyarakat harus dilibatkan untuk melakukan turn back hoax ini,” kata Samuel yang juga hadir sebagai pembicara diskusi.

Sedangkan anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan, persoalan hoax yang terjadi sekarang ini menjadi sebuah pembelajaran kepada masyarakat. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pun meyakini

“Ini soal proses, nanti masyarakat mengalami edukasi dan pendewasaan,”  ungkap Sukamta di kesempatan itu.(boy/jpnn)


Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) John Fresly menyatakan, pemerintah harus proaktif bersinergi dengan masyarakat untuk memastikan kebenaran ketika


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News