Pemerintah Diminta Mewaspadai Hal Ini Pascalibur Idulfitri

Pemerintah Diminta Mewaspadai Hal Ini Pascalibur Idulfitri
Ilustrasi, mural bertema Covid-19 di Tangerang, Banten. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher berharap pemerintah mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 setelah Idulfitri.

Apa lagi jumlah masyarakat yang melaksanakan mudik menjelang Idulfitri cukup tinggi, sehingga potensi transmisi kasus Covid-19 di publik bakal terjadi.

"Pemerintah harus mewaspadai dan mengantisipasi lonjakan kasus, apalagi dari tes acak yang dilakukan terhadap pemudik, ditemukan kasus positif dalam proporsi signifikan," kata Netty dalam keterangan persnya, Rabu (19/5).

Selain banyaknya angka pemudik, kata legislator fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, membludaknya pengunjung di sejumlah tempat wisata selama libur Idulfitri bisa menjadi potensi penularan Covid-19 di masyarakat.

"Ini harus menjadi catatan bagi pemerintah," kata Netty.

Wanita kelahiran Jakarta itu mengatakan pemerintah harus menyiapkan infrastruktur dan SDM kesehatan terbaik pascalibur Idulfitri, agar Indonesia tidak berakhir seperti di India yang terjadi tsunami Covid-19.

"Tempat-tempat tidur dan ruang ICU di rumah sakit harus ditambah agar kita lebih siap ketika terjadi lonjakan kasus. Jangan sampai kita seperti India yang kasusnya melonjak usai perayaan hari keagamaan," tukas Netty.(ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Pemerintah diharapkan mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 setelah Idulfitri. Apa lagi angka masyarakat yang melaksanakan mudik menjelang Idulfitri cukup tinggi, sehingga potensi transmisi kasus Covid-19


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News