Pemerintah Genjot Sosialisasi Perbaikan Sanitasi

Pemerintah Genjot Sosialisasi Perbaikan Sanitasi
Pemerintah Genjot Sosialisasi Perbaikan Sanitasi
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan segera mensosialisasikan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Wilfried H Purba mengatakan, langkah tersebutmeningkatkan perilaku hygiene dan sanitasi masyarakat dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

"Alasan pemerintah menjadikan STBM sebagai pilihan karena dengan menggunakan jamban yang baik dapat mencegah diare 32 persen," ungkap Wilfried di Gedung Kemenkes, Jakarta, (21/9) sore.

Menurutnya, sanitasi yang dimaksud dalam STBM ini bukan hanya mengenai kebersihan jamban saja, tetapi juga termasuk perilaku cuci tangan dengan sabun dan pengelolaan air minum. "Cuci tangan dan pengelolaan air minum juga bisa menekan angka diare hingga 45 persen," sebutnya.

Dijelaskan, berdasarkan data yang dihimpun  Kemenkes, muncul 121.199 kasus penyakit akibat sanitasi buru. Sedangkan 50.132 orang meninggal akibat sanitasi buruk. Selain itu, terdapat 3.661 kasus diare di 10 kabupaten dengan tingkat fatalitas (Case Fatality Rate) 1,26 persen.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan segera mensosialisasikan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Direktur Jenderal Pengendalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News