Pemerintah Klaim Tarif Listrik Indonesia Lebih Murah dari Negara di ASEAN

Pemerintah Klaim Tarif Listrik Indonesia Lebih Murah dari Negara di ASEAN
Kementerian ESDM menyatakan tarif listrik di Indonesia cukup terjangkau dibandingkan negara-negara lain di kawasan ASEAN. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan tarif listrik di Indonesia cukup terjangkau dibandingkan negara-negara lain di kawasan regional ASEAN.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan pemerintah pun akan mempertahankan besaran tarif listrik tersebut.

Menurutnya, pemerintah ingin memastikan daya beli masyarakat tetap terjaga meski ada dampak geopolitik global.

"Kami pastikan tarif listrik di Indonesia masih tergolong murah dibandingkan negara-negara lain di regional ASEAN," ujar Agung.

PLN memerinci tarif listrik rata-rata di Indonesia saat ini untuk pelanggan rumah tangga nonsubsidi (tariff adjustment) adalah sebesar Rp 1.445 per kWh.

Tarif tersebut lebih murah dibandingkan pelanggan rumah tangga di Thailand yang mencapai Rp 1.597 per kWh, Vietnam Rp 1.532 per kWh, Singapura Rp 2.863 per kWh, dan Filipina Rp 2.421 per kWh.

Agung juga menilai untuk golongan bisnis menengah pada tegangan rendah, tarif listrik di Indonesia ditetapkan Rp 1.445 per kWh, juga lebih murah dibandingkan di Thailand Rp 1.413/kWh, Filipina Rp 1.636/kWh, Malaysia Rp 1.735/kWh, Vietnam Rp 1.943/kWh, dan Singapura Rp 2.110/kWh.

Tarif golongan bisnis besar pada tegangan menengah, tarif listrik di Indonesia merupakan yang termurah se-ASEAN, yakni Rp 1.115/kWh. Sementara, di Singapura mencapai Rp 2.063/kWh, Vietnam Rp 1.787/kWh, Filipina Rp 1.603/kWh, Thailand Rp 1.370/kWh, dan Malaysia Rp 1.227/kWh.

Kementerian ESDM menyatakan tarif listrik di Indonesia cukup terjangkau dibandingkan negara-negara lain di kawasan ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News