Pemerintah Kurangi Kuota Eksportir Nakal

Pemerintah Kurangi Kuota Eksportir Nakal
Pemerintah Kurangi Kuota Eksportir Nakal
JAKARTA- Pemerintah hingga saat ini terus melakukan pengawasan dalam kegiatan ekspor yang dilakukan oleh para eksportir. Hal tersebut dikarenakan banyaknya para eksportir nakal yang melakukan pengiriman barang atau ekspor barang yang tidak sesuai dengan batas volume ekspor yang telah ditentukan.

“Kita memiliki instrumen yang menegaskan bahwa para eksportir yang melakukan ekspor barang dalam jumlah lebih dari batas yang telah disepakati, maka akan dikenakan sanksi,” papar Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Diah Maulida.

Dikatakan, mengenai pelanggaran ketentuan batas volume ekspor tersebut, para eksportir akan dikurangi kuota ekspornya para periode berikutnya. “Kalau para eksportir memang terbukti jelas melanggar ketentuan yang berlaku, maka para periode berikutnya akan dikurangi,” ungkap Diah.

Ia menjelaskan, kesepakatan mengenai pengurangan volume ekspor tersebut hanya bersifat sementara khususnya untuk ekspor karet alam yang saat ini harganya bisa dikatakan tidak stabil. “Apabila harga karet alam telah pulih dan stabil kembali, maka instrumen tersebut tidak diperlukan lagi,” terangnya.

JAKARTA- Pemerintah hingga saat ini terus melakukan pengawasan dalam kegiatan ekspor yang dilakukan oleh para eksportir. Hal tersebut dikarenakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News