Pemerintah Menyelesaikan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek, Ikonik dan Megah

Pemerintah Menyelesaikan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek, Ikonik dan Megah
Inilah hasil revitalisasi Pasar Pon Trenggalek, Jawa Timur. Foto: dok Kementerian PUPR

jpnn.com, TRENGGALEK - Kementerian PUPR telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Pon Trenggalek, Jawa Timur. Revitalisasi bertujuan meningkatkan kualitas pasar, menciptakan suasana yang lebih nyaman dan modern, serta memperbaiki sistem pelayanan kepada pedagang dan pengunjung pasar.

Dalam sambutannya mewakili Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Anita Listiarini – selaku Pejabat Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Madya Kementerian PUPR mengatakan revitalisasi itu dimulai pada 2020.

Setelah pasar diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan sistem pengelolaan pasar, pengaturan tata letak, serta menjaga kualitas dan kebersihan fasilitas pendukung seperti toilet, parkir, dan tempat istirahat.

"Bangunan pasar Pon Trenggalek yang telah direvitalisasi ini memang ikonik dan megah. Namun lebih dari tampilan luar yang menarik, suatu bangunan gedung ibarat tubuh manusia dilengkapi dengan berbagai organ dan sistem yang menjaganya agar tetap sehat dan memberikan performa yang baik," kata Anita.

Revitalisasi yang dilakukan di antaranya ialah instalasi untuk menjaga sanitasi penggunanya, perlengkapan untuk pencegahan dan penanggulangan risiko kebakaran, jalur dan sistem sirkulasi di dalam dan di luar gedung, serta berbagai sistem lainnya.

Anita mengharapkan setelah revitalisasi, pasar jadi makin ramai dengan pengunjung yang bahagia karena menemukan berbagai kebutuhan dengan mudah dan nyaman. 

Dia menegaskan menjaga pasar yang sehat dan nyaman merupakan peran instansi pengelola yang memiliki kemampuan dan pengetahuan baik dari sisi teknis maupun finansial.

Dengan peningkatan kualitas pasar dan suasana yang lebih modern, pemerintah berharap pasar dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, sehingga berpotensi meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut. 

Setelah revitalisasi, diharap Pasar Pon Trenggalek makin ramai dengan pengunjung yang mencari berbagai kebutuhan dengan mudah dan nyaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News