Pemerintah Salurkan BLT Untuk Antisipasi Dampak El Nino

Pemerintah Salurkan BLT Untuk Antisipasi Dampak El Nino
Pemerintah menyalurkan BLT untuk mengantisipasi dampak El Nino. Demikian dikemukakan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Temu Wicara Bersama Masyarakat Yogyakarta Penerima BLT El Nino di Kantor Pos Cabang Utama Yogyakarta, Minggu (24/12). Foto: Kemenko Perekonomian.

jpnn.com - YOGYAKARTA - Pemerintah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengantisipasi dampak El Nino bagi kelompok masyarakat rentan.

Dampak signifikan El Nino di Indonesia yang dapat terjadi antara lain kekeringan, kekurangan air bersih, gagal panen serta kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi, kenapa diberikan, karena kering terus, maka diantisipasi harga-harga akan ada kenaikan. Alhamdulillah, pemerintah bisa menjaga harga beras relatif stabil, minyak goreng stabil, sehingga pemerintah membantu untuk penyangga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Temu Wicara Bersama Masyarakat Yogyakarta Penerima BLT El Nino di Kantor Pos Cabang Utama Yogyakarta, Minggu (24/12).

Menko Airlangga terjun langsung ke masyarakat guna memastikan ketepatan penyaluran dan sekaligus menyaring aspirasi masyarakat terkait kemanfaatan dan keberlanjutan program bantuan tersebut.

Dengan total anggaran mencapai Rp 7,52 triliun, BLT El Nino telah disalurkan mulai November hingga Desember 2023 dengan besaran Rp 400 ribu per dua bulan atau Rp 200 ribu per bulan.

Penyaluran BLT El Nino menyasar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk Kota Yogyakarta tercatat memiliki 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 9,12 miliar.

Secara keseluruhan hingga 21 Desember 2023, BLT El Nino telah disalurkan sejumlah Rp 6,72 triliun atau mencapai 89,36 persen dan sebesar Rp 795 juta bantuan sedang dalam proses penyaluran.

Diharapkan pada akhir 2023 seluruh bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

Pemerintah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengantisipasi dampak El Nino.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News