Pemerintah Terus Berupaya Galang Solidaritas Antarnegara Atasi Pandemi

Rabu, 12 Mei 2021 – 22:17 WIB
Pemerintah Terus Berupaya Galang Solidaritas Antarnegara Atasi Pandemi - JPNN.com
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan posisi Indonesia masih sama yaitu menjunjung tinggi solidaritas, kolaborasi, dan kerja sama antarnegara sebagai upaya melawan pandemi Covid-19.

Menurut Rento, tidak boleh ada satu negara pun yang tertinggal dalam penanganan pandemi ini.

"Tidak ada orang yang aman sampai semuanya aman," kata Retno saat melepas bantuan hibah Pemerintah Republik Indonesia kepada India di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/5).

Retno menambahkan dengan spirit solidaritas dan kerja sama yang dilakukan, Indonesia dapat secepatnya keluar dari pandemi Covid-19 sebagai pemenang.

"Pulih bersama, pulih lebih kuat," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Retno secara simbolis menyerahkan bantuan hibah pemerintah Indonesia untuk mendukung upaya penanganan Covid-19 di India.

Bantuan ini bukan merupakan bantuan pertama Indonesia dalam memberikan dukungan penanganan Covid-19 bagi negara sahabat.

“Di awal pandemi, saat mulai terjadi di Wuhan, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizer,” ujar Retno.

Indonesia juga memberikan bantuan kepada Palestina dan negara-negara Pasifik. Tak hanya itu, Indonesia juga berkontribusi melalui Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI) untuk mendukung kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Sementara itu, Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia.

"Pertama-tama, izinkan saya berterima kasih kepada Ibu Menteri Luar Negeri RI atas pernyataannya yang baik dan bijak mengenai kerja sama di kala membutuhkan. Dia dengan sangat tepat menunjukkan bahwa teman saat membutuhkan adalah teman sesungguhnya. Kami telah mempraktikkan hal tersebut di masa lalu sepanjang waktu. Sekarang saatnya mencari bantuan dari teman-teman kita," ungkapnya. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...