Pemetaan Alur Distribusi Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Pemetaan Alur Distribusi Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Petani
Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan pemetaan awal rantai nilai. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, ACEH UTARA - Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan pemetaan awal rantai nilai.

Rantai nilai adalah salah satu item dari program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemetaan rantai nilai sangat penting dalam sektor pertanian yang terbentuk ketika terjadi perubahan dalam bentuk fisik atau bentuk produk pertanian, atau terjadi akibat adopsi metode produksi dan proses penanganan yang bertujuan untuk meningkatkan basis konsumen bagi produk tersebut.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara Erwandi mengatakan lewat pemetaan rantai nilai diharapkan produk dari petani lebih bernilai sehingga kesejahteraan mareka meningkat. Terlebih dalam kondisi sullit karena pandemi Covid 19.

"Output-nya produsen mendapatkan porsi yang lebih besar dari pengeluaran belanja konsumen. Jadi manajemen rantai nilai produk pertanian ini mengintegrasikan seluruh proses produksi mulai dari kegiatan pengolahan, distribusi, pemasaran hingga produk sampai ketangan konsumen," beber Erwandi.

Dia mengatakan Aceh Utara memiliki luas lahan terluas di Provinsi Aceh atau 18 persen. Sementara penduduk Aceh Utara 65 persen adalah petani. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada tim yang sudah di SK-kan dapat bekerja maksimal.

"Kami harap peta rantai nilai yang dihasilkan benar-benar mencerminkan permasalahan dan potensi yang ada," jelas Erwandi.

Tenaga Ahli Rantai Nilai (Value Chain) Laode Ahmad Nasir menjelaskan bahwa dalam pemetaan bisa diketahui gambaran mengenai panjangnya rantai pemasaran dari petani ke konsumen sebelum adanya perlakuan dari proyek.

Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan pemetaan awal rantai nilai bagi para petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News