Pemilu di Depan Mata, Presiden Erdogan Tebar Janji Manis di Lokasi Gempa

Pemilu di Depan Mata, Presiden Erdogan Tebar Janji Manis di Lokasi Gempa
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengunjungi area terdampak gempa di Provinsi Hatay, Turki, Senin (20/2/2023). Foto: Yasin AKGUL / AFP

jpnn.com, GAZIANTEP - Turki akan menggelar pemiliu pada Juni dan Presiden Recep Tayyip Erdogan pun mulai sibuk menebar janji, termasuk kepada korban gempa bumi dahsyat baru-baru ini.

Dalam pengarahan di Provinsi Osmaniye, Selasa (21/2), dia menjanjikan bahwa desa dan kota yang dilanda gempa bumi besar 6 Februari lalu akan kembali dihidupkan dalam waktu satu tahun.

Erdogan juga mengatakan total 70.000 rumah akan dibangun di desa-desa terdampak gempa yang berpusat di Kahramanmaras itu guna diserahkan kepada penerima manfaatnya.

Dia pun menegaskan bahwa Turki telah mengerahkan seluruh sumber daya untuk memberikan akomodasi dan layanan penghidupan kepada korban gempa bumi di 11 provinsi di negara itu.

Turki berusaha menuntaskan pembangunan hampir 200.000 rumah permanen dan menempatkan warganya di tempat tinggal tersebut dalam waktu satu tahun di 11 provinsi yang meliputi Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, Sanliurfa, dan Elazig.

Bangunan baru tidak akan memiliki lebih dari tiga atau empat lantai selain lantai dasar, sambung Erdogan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD), korban tewas akibat dua gempa besar bermagnitudo 7,7 dan 7,6 itu bertambah menjadi 42.310.

Lebih dari 271.000 personel dikirimkan ke wilayah terdampak gempa untuk upaya pencarian, penyelamatan, dan keamanan.

Presiden Erdogan kemudian mengunjungi Distrik Nurdagi di Provinsi Gaziantep, Turki untuk bertemu dengan para korban gempa

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News