Pemimpin Berintegritas, Erick Terus Lakukan Bersih-Bersih Perusahaan BUMN

Pemimpin Berintegritas, Erick Terus Lakukan Bersih-Bersih Perusahaan BUMN
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dikenal sebagai pemimpin berintegritas. Menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terus melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan Kementerian BUMN.

Terbaru, Erick Thohir tengah mengusut dugaan kasus korupsi di PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Dia menjelaskan transformasi BUMN tidak hanya dilakukan pada sumber daya manusia, melainkan juga dilakukan melalui pembangunan sistem yang baik.

"Nah kami lakukan konsisten bersih-bersih ini, tetapi kalau memang tetap ada oknum-oknum yang terkena ya tentu itu bagian dari bersih-bersih, dan kalau saya lihat mayoritas pun ini banyak kasus lama," ujar Erick Thohir, Kamis (25/5).

Sejak awal diberikan amanah oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian BUMN, Erick menyatakan selalu bekerja sama dengan aparat penegak hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Terbukti kolaborasi ini berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi di perusahaan-perusahaan BUMN.

Seperti kasus korupsi di Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo. Setelah itu, perbaikan SOP dilakukan sebagai bentuk konkret transformasi agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

"Saya selalu terbuka bekerja sama dengan KPK sebagai pencegahan sejak awal saya bilang. Lalu dengan kejaksaan justru proses hukum di kejaksaan karena bagian dari SOP sehingga itu tercatat kalau melakukan kesalahan ini dan itu sistemnya yang ini yang benar," ujar Erick.

Mengambil contoh kasus Garuda Indonesia, Erick mengatakan perbaikan dilakukan setelah kasus korupsi berulang terungkap melalui kolaborasi bersama Kejagung.

Menteri BUMN Erick Thohir membuktikan sebagai sosok pemimpin berintegritas dengan terus melakukan bersih-bersih internal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News