Pemimpin Korut Eksekusi Paman Sendiri Karena Makar

Pemimpin Korut Eksekusi Paman Sendiri Karena Makar
Pemimpin Korut Eksekusi Paman Sendiri Karena Makar

jpnn.com - PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara mengumumkan telah mengeksekusi Jang Lagu Thaek, yang tak lain dari mentor sekaligus paman pemimpin negara tersebut, Kim Jong Un. Disebutkan, Jang dieksekusi karena terbukti telah berkhianat pada negara dengan berniat melakukan kudeta serta sederet kesalahan berat lain.

"Jang yang sudah dicabut seluruh jabatannya terbukti telah korupsi, menggunakan narkoba, berjudi, main perempuan dan berusaha menggulingkan pemerintahan yang sah," bunyi pernyataan pejabat setempat yang dikutip kantor berita Korea Utara KCNA.

Eksekusi terhadap Jang berlangsung beberapa hari setelah Pyongyang mengumumkan melalui media bahwa dia telah dipecat. Jang adalah sosok yang membantu Kim Jong Un mengkonsolidasikan kekuasaan setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il pada tahun 2011 lalu.

Dikutip Huffington Post, Jumat (13/12) disebutkan, para analis politik internasional menilai eksekusi Jang tercatat sebagai langkah paling ekstrim dari Kim Jong Un untuk meningkatkan sekaligus membersihkan kekuasaannya dari ancaman saingan politiknya.

Jang menikah dengan Kim Jong Un, bibi dari Kim Kyong Hui, yang tak lain dari adik Kim Jong Il. Sebelum dieksekusi media setempat menyebut Jang sering menghambur-hamburkan uang negara di kasino sewaktu berobat di luar negeri. (pra/jpnn)


PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara mengumumkan telah mengeksekusi Jang Lagu Thaek, yang tak lain dari mentor sekaligus paman pemimpin negara tersebut,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News