Peminat Universitas Tanjungpura Membludak

Peminat Universitas Tanjungpura Membludak
Peminat Universitas Tanjungpura Membludak
PONTIANAK- Kepala BAAK Universitas Tanjungpura (Untan), Amir Dahlan menyebutkan pendaftar ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri di Universitas Tanjungpura meningkat dua kali lipat ketimbang tahun lalu. Berdasarkan data pendaftar yang masuk per 24 Mei lalu, sudah tercatat 9.092 orang, jumlah ini meningkat tajam dibandingan tahun 2010 lalu yang hanya sebesar 5.572 orang. Padahal, kuota yang tersedia hanya berjumlah 2.292 kursi untuk seluruh program studi.

Amir Dahlan menilai membludaknya jumlah pendaftar disebabkan oleh tiga faktor, yaitu seleksi jalur lokal yang tidak diadakan sebelum SNMPTN berlangsung. Selain itu, angka kelulusan ujian nasional untuk SMK di Kalimantan Barat yang mencapai 99,25 persen dan sistem pendaftaran online yang sangat memudahkan seluruh pendaftaran.

Pendaftaran SNMPTN tahun ini memang berubah format. Dari mulai pengisian formulir pendaftran hingga pembayaran menggunakan menggunakan sistem online. “Semua orang sekarang tidak perlu lagi datang ke panitia untuk  mengantre di loket. Cukup mengklik website resmi SNMPTN jika ingin mendaftar,” ujar Amir.

Meski sederhana, cepat, dan menghindari percaloan, tetap saja sistem ini menyisakan kebingungan bagi para pendaftar. Terutama pendaftar daerah, yang segelintir belum akrab dengan internet. Tidak sedikit pendaftar mengalami kendala teknis untuk mengisi formulir secara online. Seperti SMS keluhan dari seorang pembaca Pontianak Post: “Sistem pendaftaran UMPTN secara online dengan membayar Rp150 ribu, jika salah harus membeli lagi. Uangnya masuk ke mana? Anak saya sudah jadi korban, mungkin banyak yang lainnya.”

PONTIANAK- Kepala BAAK Universitas Tanjungpura (Untan), Amir Dahlan menyebutkan pendaftar ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News