Pemkab Garut Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak PPKM Darurat

Pemkab Garut Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak PPKM Darurat
Bupati Garut Rudy Gunawan (kiri) menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat di Garut Kota, Rabu (7/7/2021). Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Garut

jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut menyalurkan bantuan beras bagi warga perkotaan Garut yang mengharuskan mengurangi aktivitas di luar rumah dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ini (bantuan) hanya untuk di pusat kota di 21 kelurahan, ada 40 ton beras dibagikan untuk kurang lebih 11 ribu orang, masing-masing 4,5 kilogram," kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada masyarakat di Garut Kota, Rabu (7/7).

Dia menuturkan Pemkab Garut telah memperhatikan berbagai dampak dan persoalan dari diberlakukannya PPKM Darurat, salah satunya menyiapkan bantuan beras sebagai kebutuhan pangan masyarakat.

Sementara, kata dia, bantuan beras sebanyak 40 ton diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang berada di kawasan perkotaan Garut, selanjutnya akan didistribusikan kepada warga daerah lain.

“Ini adalah untuk kelurahan saja dulu, nanti tempat-tempat lain masih ada," kata Bupati.

Dia mengungkapkan bantuan beras yang diberikan kepada warga itu di luar dari penerima bantuan uang tunai sebesar Rp600 ribu dari pemerintah pusat yang secepatnya akan disalurkan.

Terkait kriteria penerima bantuan, kata dia, berdasarkan pendataan oleh lurah setempat beserta ketua RW dan RT di kelurahan sehingga bantuan bisa tepat sasaran dan bermanfaat.

“Kriterianya ditentukan oleh kelurahan, nanti dengan Pak RW, Pak RT," katanya.

Pemerintah Kabupaten Garut menyalurkan bantuan beras bagi warga perkotaan Garut yang mengharuskan mengurangi aktivitas di luar rumah sebagai dampak dari PPKM Darurat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News