Pemkab Klungkung Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Pemkab Klungkung Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida
Ketua DPRD menyebut Pemkab Klungkung berkomitmen tangani kerusakan jalan di Nusa Penida.. Foto: Pemkab Klungkung

jpnn.com, NUSA PENIDA - Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom mengakui bahwa jalan di Nusa Penida saat ini memang sudah banyak yang rusak.

Namun, upaya perbaikan terus dilakukan baik menggunakan dana APBD, dana pemerintah pusat, dan bantuan dana keuangan khusus (BKK) dari Pemkab Badung.

"Kami bersama-sama pemerintah daerah terus melakukan upaya perbaikan dan pembangunan jalan yang rusak total, yang sudah menjadi jalan kabupaten, tidak saja di Nusa Penida, tetapi di Klungkung daratan juga," kata Anak Agung Gde Anom, dalam keteranganya, Selasa (23/4).

Kabupaten Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM, rusak ringan 54,5 KM dan rusak berat 8,5 KM. Jalan rusak tersebut paling banyak terdapat di kecamatan Nusa Penida.

"Perbaikan juga dimohonkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida (BP) untuk kawasan pinggir pantai terkait dengan kerusakan tanggulnya,” paparnya.

Pemkab Klungkung sudah membuat anggaran untuk pemeliharaan rutin di Nusa Penida pada tahun 2024 senilai Rp 2,9 miliar, Nusa Lembongan Rp 200 juta dan jembatan kuning Rp 200 juta.

Alokasi anggaran untuk perbaikan jalan Desa Bunga Mekar-Pura Kalibun sepanjang 6 KM mencapai Rp 36 miliar.

Sementara itu, Jalan Lembongan-Klatak sepanjang 4,5 kilometer dianggarkan sekitar Rp20 miliar, yang dianggarkan melalui dana instruksi presiden (Inpres).

Ketua DPRD menyebut Pemkab Klungkung berkomitmen tangani kerusakan jalan di Nusa Penida.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News