Pemkab Pessel Jangan Hambat Pemekaran

Pemkab Pessel Jangan Hambat Pemekaran
Pemkab Pessel Jangan Hambat Pemekaran
JAKARTA - Tokoh masyarakat Pesisir Selatan di Jakarta, Basroni SH MH, memperingatkan Pemerintah Daerah dan DPRD Pesisir Selatan tidak lagi menyumbat aspirasi pemekaran wilayah yang datangnya dari masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan bagian Selatan di Sumatera Barat dengan berbagai alasan yang sama sekali tidak terkait dengan kepentingan rakyat itu sendiri.

"Aspirasi pemekaran wilayah bukanlah tindakan makar yang akan memperlemah posisi pemerintah daerah. Karena itu, wajib bagi pemerintah daerah dan DPRD untuk bersatupadu dengan rakyatnya guna mewujudkan aspirasi pemekaran itu. Bukan sebaliknya, menyumbat aspirasi dengan berbagai dalih," kata Basroni, di Sekretariat Negara, Jakarta, Minggu (11/1).

Menurut pria yang berasal dari Nagari Asam Kumbang, Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan itu, aspirasi pemekaran itu sudah bergulir sejak lima tahun lalu dan secara konstitusi/substansi keberadaan suatu pemerintahan adalah untuk mengurus kepentingan rakyat karena rakyatlah yang berdaulat dan pemerintah itu ada justru karena ada rakyat.

Sistematika berbangsa dan bernegara ini jangan diputarbalikan menjadi seolah-olah yang berdaulat itu adalah pemerintah dan rakyat diperlakukan sebagai penghuni pondok kontrakan, kata Basroni, yang  juga alumni FH Hukum Unand, Padang.

JAKARTA - Tokoh masyarakat Pesisir Selatan di Jakarta, Basroni SH MH, memperingatkan Pemerintah Daerah dan DPRD Pesisir Selatan tidak lagi menyumbat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News