Pempek Bingen, Kreasi Baru Kuliner Khas Palembang, Wajib Dicoba!

Pempek Bingen, Kreasi Baru Kuliner Khas Palembang, Wajib Dicoba!
Faila Ulfa menunjukan hasil karyanya pempek bingen. Foto: Cuci Hati/jpnn.com

jpnn.com, PALEMBANG - Sekilas makanan warna-warni ini seperti kue bingen, makanan jadul tempo dulu asli dari Palembang. 

Namun, siapa sangka, kue warna warni tersebut ternyata bukan kue bingen melainkan pempek Palembang yang di modifikasi berbentuk kue bingen, yang diberi nama pempek bingen.

Pempek bingen tersebut adalah kreasi dari tangan Faila Ulfa (40) penjual aneka macam makanan khas Palembang, sekaligus MUA.

"Pempek bingen ini terinspirasi dari acara dengan pihak Dinas dan Sultan yang menghadirkan berbagai aneka macam bentuk kue bingen, dari sanalah saya berfikir untuk membuat pempek Palembang yang di modifikasi berbentuk kue bingen, maka jadilah ini pempek bingen," kata wanita yang akrab disapa Mbak Fai saat ditemui di kediamannya di jalan Cendana II Blok FF No 50 Dekranasda Jakabaring Palembang, Minggu (11/9).

Berbagai aneka macam pempek bingen yang Mba Fai buat, seperti jando beraes, kue lumpang, kue gandus, manan samin, kue pare, onde-onde, dan kue lumpur dan aneka macam kue bingen lainnya.

Pempek bingen ini sama seperti pempek Palembang pada umumnya, yakni mempunyai cita rasa yang asin dan gurih.

"Hanya saja yang membedakan, jika pempek Palembang mempunyai cita rasa yang asin dan gurih, pempek bingen terdapat rasa manis karena menyesuaikan bentuk kuenya," ungkap wanita berumur 40 tahunan itu.

Pembuatan kuliner tersebut juga sama seperti pempek pada umumnya, yang membedakan hanyalah setelah diuli pempek dihias dan diberi topping.

Pempek bingen kreasi baru pempek Palembang mempunyai cita rasa yang asin, gurih dan manis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News