Senin, 10 Desember 2018 – 15:54 WIB

Pemprov DKI Kebut Normalisasi Sungai dan Proyek Waduk

Senin, 03 Desember 2018 – 18:18 WIB
Pemprov DKI Kebut Normalisasi Sungai dan Proyek Waduk - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menggeber normalisasi sungai untuk persiapan menghadapi puncak musim hujan pada Januari 2019. Selain itu, Pemprov DKI juga menuntaskan pembangunan waduk di beberapa lokasi.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pelaksanaan normalisasi sungai dibarengi pembangunan waduk sebagai kolam menampung air hujan di sekitar hulu. Dengan demikian volume aliran air ke hilir bisa dikendalikan.

“Kita fokus lakukan perbaikan turap dan pengerukan sungai,” kata Anies.

Sementara Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Teguh Hendarwan mengatakan, pihaknya mengerahkan 241 alat berat untuk pengerukan sungai, waduk dan situ. Ratusan alat berat itu milik Dinas SDA DKI.

“Sehingga pengerukan dapat kita lakukan secara swakelola,” katanya.

Teguh memerinci, pengerukan sudah dilakukan di Waduk Kampung Rambutan, Waduk Pondok Rangon, Waduk Cimanggis, Wadung Cilangkap Giri Kencana, Waduk Jalan Kaja 2, Situ Babakan, Waduk Pekayon, Waduk Babek TNI, Waduk Jagakarsa, Embung Aselih dan Embung Jalan Cendrawasih.

Selain itu, pengerukan juga dilakukan di saluran penghubung (PHB) Kali Duri di Jalan Subur Baru Raya, Kali Setneg, Kali Item, Kali IKIP, Kali Krukut Tambora, dan saluran PHB Swadharma.

Dinas SDA Provinsi DKI juga melakukan perbaikan turap di sungai atau saluran air. Dengan perbaikan itu maka aliran drainase pada sungai atau saluran menjadi lebih optimal.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar