Pemprov Jateng Akan Melepas 12 Ribu Peserta Program Mudik Gratis dari Jabodetabek

Pemprov Jateng Akan Melepas 12 Ribu Peserta Program Mudik Gratis dari Jabodetabek
Sekretaris Daerah Jateng Sumarno saat menghadiri Gelar Pasukan Ketupat 2024 di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Rabu, 3 April 2024. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng akan melepas sebanyak 12 ribu orang peserta program mudik gratis dari Jabotabek tujuan Jateng pada 6-7 April 2024.

“Peserta yang menggunakan bus akan dilepas pada 6 April 2024 di TMII dan Bandung. Itu kapasitasnya lebih dari 11 ribu orang. Sedangkan yang naik kereta akan dilepas pada 7 April di Stasiun Pasar Senen Jakarta,” kata Sekretaris Daerah Jateng Sumarno seusai Gelar Pasukan Ketupat 2024 di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Rabu, 3 April 2024.

Dia mengatakan kuota yang disediakan mudik gratis 2024 sebanyak 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api.

Program tahunan itu diperuntukan bagi warga Jateng yang merantau di Jabotabek, bekerja di sektor informal, dan berpenghasilan rendah. Seperti asisten rumah tangga, buruh pabrik, buruh bangunan, pedagang kaki lima, pengojek, dan sebagainya.

“Saya mengimbau kepada pemudik agar menyiapkan kesehatan fisik. Kondisi fisik pemudik sangat penting karena akan menempuh perjalanan jauh," kata Sumarno.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024, Pemprov Jateng mendirikan posko terpadu. Petugas posko siap memberikan pelayanan kepada pemudik.

Setelah lebaran nanti, Pemprov Jateng juga berencana akan melakukan pelepasan pemudik asal Jateng yang akan kembali ke tempat rantau. Pelepasan akan diselemggarakan di beberapa terminal, antara lain Terminal Mangkang Semarang, Terminal Purwokerto, Asrama Haji Donohudan Boyolali, serta Stasiun Tawang Semarang.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengimbau, agar pemudik dari Jabotabek tujuan berbagai daerah di Jateng memanfaatkan mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jateng bersama stakeholder terkait.

Pemerintah Provinsi Jateng akan melepas sebanyak 12 ribu orang peserta program mudik gratis dari Jabotabek tujuan Jateng pada 6-7 April 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News