Pemprov Jateng: Punya Jaringan Luas, Kadin Bisa Berkontribusi dalam Penyediaan Pangan

Pemprov Jateng: Punya Jaringan Luas, Kadin Bisa Berkontribusi dalam Penyediaan Pangan
Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno saat pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Jateng di Hotel Oak Tree, Selasa (28/11). Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Tengah memiliki peran dalam penyediaan pangan.

Untuk itu, Pemprov Jateng mendorong Kadin untuk ikut berkontribusi dalam penyediaan pangan.

"Kadin mempunyai jaringan yang luas. Kami berharap Rapimprov Kadin Jateng menghasilkan titik temu untuk partisipasi menjaga ketersediaan pangan," kata Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno di sela pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Jateng di Hotel Oak Tree, Selasa (28/11).

Sumarno berharap pelaksanaan Rapimprov Kadin Jateng dapat menghasilkan program-program yang bisa mengakslerasi pertumbuhan ekonomi di Jateng. Termasuk berkontribusi dalam penanganan ketersediaan dan distribusi pangan.

Selain berkontribusi di sektor pangan, berbagai program dan kebijakan juga dilakukan Kadin untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jateng, di antaranya mendorong pengembangan dan akses permodalan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dukungan pelatihan sumber daya manusia, dan membuka lapangan pekerjaan di berbagai sektor industri.

Lebih lanjut Sumarno mengatakan Kadin juga mendukung peningkatan kemampuan tenaga kerja melalui pendidikan vokasi dengan bekerja sama perguruan tinggi.

Langkah itu merupakan salah satu sebagai mempersiapkan tenaga kerja Jateng yang unggul dan berdaya saing.

"Terkait pengangguran, peran pemerintah hanya memfasilitasi, tidak bisa membuka lapangan pekerjaan. Maka bapak ibu (anggota Kadin) yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga kerja sama antara pemerintah dan Kadin sangat penting," katanya.

Pemprov Jateng mendorong Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berkontribusi dalam penyediaan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News