Pemuda dan Mahasiswa Pendukung Ganjar Gelar Pelatihan Tani di Gunung Kidul

Pemuda dan Mahasiswa Pendukung Ganjar Gelar Pelatihan Tani di Gunung Kidul
Pemuda dan mahasiswa di Yogyakarta memberikan pelatihan bertani kepada milenial di Gunung Kidul. Dok PMN DIY.

jpnn.com, GUNUNG KIDUL - Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar pelatihan pertanian untuk kalangan milenial di daerah Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Pelatihan itu ditujukan untuk membangkitkan semangat bertani bagi para pemuda dan milenial di daerah itu.

Koordinator Wilayah PMN DIY Maryadi mengatakan salah satu tema yang diangkat dalam pelatihan tersebut adalah budi daya markisa madu.

Dia menyebut markisa madu mulai banyak dibudidayakan di wilayah Gunung Kidul. Proses menanamnya yang mudah membuat buah itu sangat cocok dibudidayakan oleh milenial yang baru belajar bertani.

"Kami sebagai pemuda ingin merespons bagaimana budi daya markisa ini bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Bahkan, di pekarangan rumah juga bisa dilakukan," kata Maryadi dalam siaran persnya, Sabtu (17/12).

Lewat pelatihan ini, PMN berharap bisa mengedukasi para pemuda di Gunung Kidul untuk berani bertani dan mematahkan stigma bahwa bertani hanya dilakukan oleh orang tua.

"Kami pemuda dan milenial juga bisa menjadi petani. Dalam artian kami mulai skala kecilnya terlebih dahulu, contohnya budi daya markisa madu," imbuhnya.

Maryadi menjelaskan pelatihan yang diikuti ratusan pemuda ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan figur yang sangat memperhatikan kalangan pemuda dan petani. Hal ini tercermin dari salah satu programnya, yaitu Kartu Tani.

Lewat program Kartu Tani, para petani di Jawa Tengah telah merasakan berbagai manfaat. Mulai dari mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, hingga kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi.

Sejumlah pemuda dan mahasiswa pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan bertani untuk milenial di Gunung Kidul, DIY.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News