Pemudik Natal Mulai Membludak

Pemudik Natal Mulai Membludak
Pemudik Natal Mulai Membludak

jpnn.com - BELAWAN - Sedikitnya 2.500 orang pemudik Natal dan Tahun Baru 2014 melalui kapal laut, tiba di terminal penumpang domestik Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/12).

Kapal reguler KM Kelud itu, membawa ribuan penumpang asal Tanjung Priok, Pulau Batam dan Tanjung Balai Karimun.

Pantauan Sumut Pos (grup JPNN) di Pelabuhan Belawan, memasuki H-4 Natal, suasana kedatangan pemudik lewat jalur laut mulai terlihat padat. Kapal komersial milik PT Pelni yang biasanya membawa 900 penumpang itu, kemarin menurunkan sekitar 2.500 pemudik.

"Natalan dan Tahun Baru sendiri di Batam, rasanya hambar. Makanya saya memilih pulang kampung ke Pematang Siantar," ujar Charles Sirait (36) yang tinggal dan merantau di Jalan Duyung Sei Jodoh Batu Ampar, Batam ini.

Menurutnya, pulang ke kampung halaman bertemu keluarga, merupakan keharusan baginya setiap tahun jelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Hanya saja, lanjut Charles, dirinya harus bersusah payah memperoleh tiket kapal tujuan Batam-Belawan.

"Untung saya memasan tiket kapal jauh hari sebelum keberangkatan, kalau tidak mungkin tidak kedapatan tiket. Sebab kemarin saja tiket kapal di Batam sudah ludes," katanya.

Asisten Operasional PT Pelni Cabang Medan Yusuf, kepada Sumut Pos mengatakan, penumpang kapal laut jelang perayaan Natal tahun ini mulai menunjukan lonjakan dari hari sebelumnya. Meski demikian, sebut Yusuf, kepadatan jumlah pemudik KM Kelud yang tiba di Belawan tidak sampai melebihi kapasitas tampung kapal.

"Jumlah penumpang yang turun hari ini (Sabtu) belum melebihi kapasitas KM Kelud, sesuai data ada total keseluruhan penumpang mencapai 2.500 orang," terang Yusuf.

BELAWAN - Sedikitnya 2.500 orang pemudik Natal dan Tahun Baru 2014 melalui kapal laut, tiba di terminal penumpang domestik Pelabuhan Belawan, Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News