Penampakan Pulau Baru di Tanimbar Pascagempa, Batu Bercampur Lumpur Hitam

Penampakan Pulau Baru di Tanimbar Pascagempa, Batu Bercampur Lumpur Hitam
Penampakan fenomena munculnya pulau baru di Desa Teinaman, Kecamatan Wuarlabobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). ANTARA/ Dokumentasi warga

jpnn.com, AMBON - Fenomena munculnya pulau baru di Desa Teinaman, Kecamatan Wuarlabobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Maluku sempat membuat warga takut.

Penjabat Bupati KKT Daniel Indey mengatakan tim Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) akan meneliti fenomena munculnya pulau tersebut.

"Tim Pushidrosal telah bertolak ke Tanimbar untuk mengecek fenomena munculnya pulau baru di Desa Teinaman," kata Daniel di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan tim akan mengecek dampak munculnya pulau baru, sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat di desa Teineman sehingga masyarakat tidak takut akan fenomena tersebut.

"Kami secara bersama akan memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga warga merasa aman," katanya.

Daniel menyatakan material dari pulau baru tersebut berupa batu dan bercampur lumpur hitam.

"Sejauh ini tidak ada larangan bagi warga yang akan mendekat ke pulau baru tersebut, karena masyarakat menjauh karena enggan dan masih melihat ini sebagai fenomena alam," katanya.

Sementara itu seusai munculnya pulau baru, warga Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar utara telah kembali ke rumah masing-masing.

Fenomena munculnya pulau baru di Tanimbar pascagempa sempat membuat warga takut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News