Penanganan Varises Kini Lebih Aman dengan Metode Laser tanpa Bedah

Penanganan Varises Kini Lebih Aman dengan Metode Laser tanpa Bedah
Dokter spesialis bedah sub spesialis BVE RSPP dr. Hendra Wibowo, SpB.Subsp.BVE (K) memberikan presentasi tentang varises. Foto: dok. RSRP

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Sakit Royal Progress (RSRP) mengembangkan penanganan varises yang lebih efektif. Salah satunya dengan metode laser tanpa bedah agar pasien merasa lebih aman, nyaman, dan minim sayatan.

Varises merupakan kondisi masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang dewasa maupun lanjut usia. Penyakit ini timbul ketika pembuluh darah vena menjadi melebar dan berkelok yang disertai dengan gangguan sirkulasi darah di dalamnya.

Gangguan sirkulasi darah tersebut dapat menyebabkan sumbatan aliran darah melalui vena untuk kembali ke jantung sehingga darah mencoba menembus katup dari sistem penyambung.

Hal ini dapat menyebabkan rasa pegal dan ketidaknyamanan setelah melakukan aktivitas seperti berdiri dan berjalan lama pada penderitanya.

Meskipun tidak berbahaya, apabila dibiarkan varises dapat menyebabkan komplikasi pada sistem pembuluh darah dan mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Pengobatan varises sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan salah satunya yang dikenal efektif dan terkini yaitu dengan metode laser.

Metode ini dikenal dengan nama Endovenous Laser Ablation (EVLA), yang merupakan salah satu metode pengobatan varises tanpa melakukan pembedahan besar atau minimal invasif.

"Kami memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular andal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises pada pasien," kata dr. Ivan R. Setiadarma, MM, Direktur Utama RSRP di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (2/5).

Penanganan varises dengan metode laser tanpa bedah kini lebih aman dan mudah di RSRP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News