Pencemaran Kali Bekasi Sudah Masuk Kategori Berat

Pencemaran Kali Bekasi Sudah Masuk Kategori Berat
Kali Bekasi setelah tercemar dan dipenuhi busa. Foto PojokBekasi

jpnn.com, BEKASI - Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Sugiono mengatakan status pencemaran Kali Bekasi sudah masuk kategori berat.

Hal itu terungkap berdasarkan laporan masyarakat bahwa kondisi kali kerap dicemari limbah pabrik yang berdiri di sepanjang Kali Bekasi.

Menurut dia, pelaku pembuang limbah yang tidak sesuai dengan baku mutu lingkungan bukan hanya di Kota Bekasi, tetapi di Kabupaten Bogor terutama di Kecamatan Cileungsi.

Pada pekan lalu, petugas menyisir Kali Bekasi dan menemukan ada indikasi pencemaran lingkungan dari salah satu pabrik di sana.

“Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dengan Kementerian Lingkungan Hidup sudah mengecek ke lokasi untuk mengambil sampel,” kata dia, Kamis (30/8).

Di sana, kata Sugiono, petugas menemukan satu saluran pembuangan dengan airnya telah berwarna hitam pekat dan mengeluarkan aroma busuk.

Sugiono mengaku, tidak bisa berbuat banyak atas dugaan pencemaran lingkungan di wilayah setempat.

Alasannya, di sana merupakan ranah kerja Pemerintah Kabupaten Bogor. Namun dia berharap, agar pelaku pembuang limbah untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Pelaku pembuang limbah yang tidak sesuai dengan baku mutu lingkungan bukan hanya di Kota Bekasi saja, tetapi di Kabupaten Bogor terutama di Kecamatan Cileungsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News