Pencopotan Tiga Kapolda Dianggap Sebagai Langkah Tepat

Pencopotan Tiga Kapolda Dianggap Sebagai Langkah Tepat
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) menganggap pencopotan tiga Kapolda oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai langkah yang tepat.

Relawan Joko Widodo yang sudah berdiri sejak 2014 itu menilai pencopotan Kapolda Papua, Kapolda Sulawesi Tenggara dan Kapolda Riau sebagai bentuk evaluasi.

"Langkah Kapolri dalam merotasi tiga Kapolda itu sangat tepat dan tentu dengan pertimbangan matang. Di samping penyegaran di tubuh Polri, rotasi itu juga untuk membantu kinerja Kapolri di wilayah," kata anggota Bidang Advokasi KIB Abdul Haris Balubun, Sabtu (28/9).

Dia menduga tiga kapolda yang dirotasi sangat berkaitan dengan peristiwa besar yang belakangan ini terjadi.

Untuk Kapolda Riau, Balubun menduga karena gagal mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sedangkan, Kapolda Papua, menurutnya, lantaran konflik berkepenjangan yang tak kunjung bisa diredam.

"Kalau untuk Kapolda Sultra dugaan saya mengarah pada kasus kematian dua mahasiswa Universitas Halu Oleo saat melakukan demontrasi di DPRD setempat," ujarnya.

Balubun juga meminta kapolda yang baru dilantik agar mejalankan tugas. "Selamat untuk Kapolda yang baru. Semoga ketiganya bisa menjalankan tugas dengan baik untuk mengayomi dan melindungi rakyat. Karena, sesungguhnya Polri adalah milik rakyat," pungkasnya.


Diketahui, Kapolri akan merotasi sejumlah pejabat Kapolda. Dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/2569/IX/KEP/2019 ter tanggal Jumat (27/9), ada diga Kapolda yang dirotasi.

Tiga kapolda yang dirotasi sangat berkaitan dengan peristiwa besar yang belakangan ini terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News