JPNN.com

Pendaftaran Bakal Calon di Pilkada Papua Sudah Ditutup

Rabu, 30 Oktober 2019 – 23:53 WIB Pendaftaran Bakal Calon di Pilkada Papua Sudah Ditutup - JPNN.com
Elisa Kambu (dua kiri) bakal cabup asal Kabupaten Asmat saat menyerahkan formulir pendaftaran kepada Ketua DPW PSI Provinsi Papua Karmi Lasuliha (dua kanan) di Kota Jayapura. Foto : Antara /HO-PSI Papua)

jpnn.com, JAYAPURA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Papua menutup pendaftaran bagi bakal calon di Pilkada Papua 2020 di daerah itu.

Ketua DPW PSI Papua Karmin Lasuliha di Kota Jayapura, Rabu, mengatakan pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati hari ini resmi ditutup.

"Kami mulai mengagendakan melakukan tahap konvensi. Untuk peserta konvensi juga telah ditutup hari ini, 30 Oktober 2019," katanya.

Bagi bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftarkan diri, kata dia, bisa mengikuti sesi atau tahapan berikutnya yang akan dilaksanakan di DPW Provinsi Papua.

"Sesuai instruksi DPP PSI pendaftaran dibuka sampai 30 Oktober 2019 atau hari ini dan bagi bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar, wajib mengikuti tahapan selanjutnya," katanya.

Menurut Karmin yang berlatar belakang seorang dosen dan aktivis itu, tahapan selanjutnya adalah wawancara dengan panelis independen dari kalangan akademisi dan LSM dengan penilaian yang mengacu pada kepemimpinan serta penyampaian visi misi setiap calon.

"Ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan pascapendaftaran, di antaranya wawancara, penyampaian visi misi, hingga survei uji publik kandidat," katanya.

Mantan koordinator Lembaga Survei Indonesia Provinsi Papua itu menjelaskan konvensi ini sengaja dibuka untuk menentukan bakal calon kepala daerah potensial.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...