Pendaftaran CPNS 2018: Tiga Masalah Jangan Terulang

Pendaftaran CPNS 2018: Tiga Masalah Jangan Terulang
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jelang pendaftaran CPNS 2018, Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus memantapkan berbagai persiapan. Berbagai kendala teknis saat pengadaan CPNS tahun-tahun sebelumnya dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan.

"Saat penerimaan CPNS 2017 ada berbagai kendala teknis yang dihadapi pelamar. Tahun ini, kami melakukan antisipasi agar permasalahan serupa tidak terjadi," ujar Karo Humas BKN Mohammad Ridwan, Senin (25/6).

Dia menambahkan, kendala-kendala tersebut merupakan rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017 yang disediakan BKN selama perhelatan CPNS tahun lalu berlangsung. Dia membeber sejumlah permasalahan yang pernah muncul.

Pertama, Nomor Indentitas Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) tidak ditemukan. Mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran online lewat https://sscn.bkn.go.id terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat.

Kedua, salah memasukkan data. Dari rekapitulasi pengaduan yang diterima Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan karena pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Selain itu, kebanyakan pelamar terburu-buru melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki;

Ketiga, salah menginput dokumen pendaftaran. Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak dialami pelamar. Cenderung tidak mencermati syarat/kualifikasi dan dokumen yang diminta menjadi awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan. Mengantisipasi itu, Pelamar diminta memahami betul kualifikasi, syarat dan alur/mekanisme pendaftaran.

Ridwan menjelaskan, selain melakukan persiapan infrastruktur pendaftaran (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi administrasi hingga tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN), BKN juga tengah membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018 untuk mengantisipasi kendala pendaftaran CPNS 2018.

Jelang pendaftaran CPNS 2018, BKN sudah melakukan sejumlah persiapan, termasuk mengantisipasi masalah yang bakal muncul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News