Pendaftaran Ditutup, 1.372 Pelamar CPNS Berkasnya Lengkap

Pendaftaran Ditutup, 1.372 Pelamar CPNS Berkasnya Lengkap
Pendaftaran CPNS Tarakan ditutup Sabtu (13/9). Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - TARAKAN - Sabtu (13/9) pendaftaran online penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tarakan 2014 jalur formasi umum resmi ditutup. Ini juga menandakan tenggat akhir pengiriman berkas fisik pelamar melalui PT Pos Indonesia.

Hingga kemarin siang, BKD mencatat 2.187 pelamar melakukan pendaftaran online di portal nasional sistem seleksi CPNS nasional Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscn.bkn.go.id. Sementara itu, berkas fisik yang diterima BKD per 13 September, sebanyak 1.874 berkas dengan hasil verifikasi 1.372 berkas dinyatakan Berkas Lengkap (BL), 259 Berkas Tak Lengkap (BTL), 169 berkas Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dan 43 berkas pending.

"Pendaftaran sudah tutup," kata Wiwiek Aisyiyah, kepala Bidang Mutasi BKD Tarakan, kemarin.

Dari pantauan Radar Tarakan (Grup JPNN), kesibukan personel BKD tak berkurang hingga sore hari. Ada yang melayani perbaikan berkas, pengambilan kartu, konfirmasi kesesuaian nama, verifikasi online dan lainnya.

"Verifikasi berkas berlanjut meski pendaftaran tutup. Kan ada berkas yang dikirim ke BKD setelah 13 September, tapi berkasnya 13 September cap pos," ujar Wiwiek.

Dari ribuan berkas yang diverifikasi, beragam persoalan ditemukan verifikator BKD Tarakan. Dikatakan Wiwiek, ada persoalan usia yang tak sesuai ketentuan, indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tak memenuhi syarat, kesalahan penulisan nama, ketidak sesuaian tempat tanggal lahir dan lainnya.

"Banyak kasus, ada nama yang seharusnya ditulis terpisah, di lamaran nyambung. Ada pula perbedaan tempat tanggal lahir antara ijazah dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Kalau masalah ini, tempat tanggal lahir yang tertulis di ijazah terakhir, itu yang digunakan. Tapi harus disesuaikan dengan ijazah sebelumnya," timpal Wiwiek.

Untuk proses perbaikan berkas (khusus berkas yang dinyatakan Berkas Tak Lengkap), dari semula terjadwal berakhir 13 September, diperpanjang hingga 16 September.

TARAKAN - Sabtu (13/9) pendaftaran online penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tarakan 2014 jalur formasi umum resmi ditutup. Ini juga menandakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News