Pendaftaran Penerima PMM 3 Sudah Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya

Pendaftaran Penerima PMM 3 Sudah Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya
Pendaftaran Penerima PMM 3 Sudah Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek melaksanakan sosialisasi teknis pendaftaran bagi calon Perguruan Tinggi Penerima (PT Penerima) program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3). Sosialisasi dimulai dari 17 - 19 Januari 2023.

Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar Asri Aldila Putri mengatakan, sosialisasi teknis pendaftaran PT Penerima bertujuan untuk menginformasikan syarat, alur, dan teknis pendaftaran PT Penerima.

PMM 3 menjadi spesial karena Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) pertama kali akan ambil bagian sebagai PT Penerima ataupun PT Pengirim. 

"Untuk mendaftar PMM 3, perguruan tinggi calon peserta dapat mengakses laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/," kata Asri, Selasa (17/1).

Periode pendaftaran PT Penerima dibuka sejak 11 Januari hingga 8 Februari 2023. Adapun pendaftaran bagi mahasiswa calon peserta program PMM 3, akan diumumkan kemudian.

Asri menyebutkan telah menyiapkan tempat bagi 150 PT Penerima. Angka ini naik dari tahun 2022 di mana PT Penerima yang terlibat sebanyak 138 dari 194 PT yang mendaftar dan tersebar di 30 provinsi dengan kuota kursi mahasiswa yang disediakan mencapai 23.761. 

PT yang menjadi peserta program PMM akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan performa institusi sebagai penyelenggara model pembelajaran yang berkualitas dalam skema pertukaran mahasiswa.

Secara institusional, harapannya akan makin banyak PT yang membuka kuota pertukaran mahasiswa secara mandiri setelah menjadi peserta dalam program PMM.

Pendaftaran perguruan tinggi penerima program PMM 2023 sudah dibuka, simak informasi lengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News