Pendaftaran PPPK 2021 Bermasalah, Guru Honorer Takut Tak Lulus Seleksi Administrasi

Pendaftaran PPPK 2021 Bermasalah, Guru Honorer Takut Tak Lulus Seleksi Administrasi
Ketua Umum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sukses mendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 di portal SSCASN bukan berarti membuat para pelamar tenang.

Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat mengungkapkan ada hal yang ditakutkan yaitu tidak lulus seleksi administrasi lantaran berkasnya tidak memenuhi syarat (TMS).

"Karena informasi dari awal yang tidak lengkap, sistem belum sempurna sangat merugikan para pelamar. Bisa saja banyak yang dinyatakan TMS," kata Rizki kepada JPNN.com, Sabtu (17/7).

Dia menyebutkan, sejak pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK dibuka pada 30 Juni, para pelamar sudah dihadapkan dengan berbagai kendala di sistem SSCASN.

Kemudian, pelamar PPPK 2021 formasi guru dibingungkan dengan ketentuan soal memilih formasi di sekolah lain.

Ditambahkannya, karena regulasi Kemendikbudristek yang tidak sinkron dengan PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 pasal 29a sampai c, guru induk terpaksa harus memilih formasi di sekolah lain. Ini lantaran formasi di sekolahnya sudah dikunci dengan alasan telah diisi pelamar dari sekolah lain yang tidak punya formasi.

Seharusnya, kata Rizki, jangan salahkan pelamarnya. Mengapa muncul di sistem jadi opsi formasi yang dapat dipilih oleh para guru honorer.

"Jadi bukan kesalahan pelamar, ini bisa menguatkan ketika masa sanggah jika ada yang merasa dirugikan," ucapnya.

Pendaftaran PPPK 2021: Ketua Forum Guru Bersertifikasi mengungkapkan kekhawatiran banyak guru honorer yang tidak lulus seleksi administrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News