Pendaki Slamet Diminta Perhitungkan Badai

Pendaki Slamet Diminta Perhitungkan Badai
Ilustrasi

jpnn.com - PURBALINGGA- Pendakian Gunung Slamet via pos pendakian Bambangan Desa Kutabawa kecamatan Karangreja masih  tetap dinyatakan aman sampai saat ini. Namun, pengelola meminta pendaki tetap memperhatikan cuaca.

Nah, menjelang malam pergantian tahun ini,diperkirakan ada ratusan orang pendaki dari seluruh Indonesia yang akan "manjat" Gunung Slamet lewat Bambangan.

Anggota Tim SAR Purbalingga yang juga warga setempat, Slamet membenarkan sampai saat ini tak ada larangan mendaki ke Gunung Slamet. Dia menyebut, pada malam tahun baru mendatang, ada sekitar 500 pendaki dalam sehari yang akan merayakan pergantian tahun di puncak.

"Tak ada aktivitas membahayakan dari Gunung Slamet. Tetap seperti biasa, hanya kabut dan badai ketika hujan,” jelasnya, kemarin.

Sementara itu untuk rute pendakian juga sudah siap. Dengan rincian jarak sejak Basecamp hingga puncak mencapai 17 kilometer. Dengan waktu tempuh rata- rata 8-9 jam. Sementara ketinggain total gunung mencapai 3.428 dpl.

Kabid Pariwisata, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Ir Prayitno MSi sebagai pengelola pendakian mengaku, pendakian hingga saat ini normal. Terakhir (26/12) pendaki yang turun hingga posko Bambangan tercatat 166 orang. Mereka berasal dari Surabaya, Semarang, Jogjakarta, Depok, Bekasi, Jakarta, Purbalingga, Cilacap, Pemalang dan Kebumen.

“Kami menghimbau  para pendaki mempertimbangkan cuaca akhir- akhir ini. Jalur pendakian yang licin agar hati- hati. Kemudian bawalah perlengkapan secukupnya. Untuk obyek wisata lain seperti Goa Lawa di Karangreja, juga akan disiagakan personel TNI dan Polri menjelang Tahun Baru mendatang,” paparnya, Kamis (26/12).

Sementara itu, retribusi untuk pendakian masih sama, yaitu Rp 5.000 per orang. Uang retribusi itu masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Tim SAR dan masyarakat setempat serta selalu memberikan himbauan kondisi terbaru pendakian.

PURBALINGGA- Pendakian Gunung Slamet via pos pendakian Bambangan Desa Kutabawa kecamatan Karangreja masih  tetap dinyatakan aman sampai saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News