Penderita Kusta di Indonesia Nomor Tiga Dunia

Penderita Kusta di Indonesia Nomor Tiga Dunia
Penderita Kusta di Indonesia Nomor Tiga Dunia
JAKARTA - Tidak ada gurat senyum dalam puncak peringatan Hari Kusta Sedunia yang jatuh Senin (27/2). Bagaimana tidak, Indonesia masih bertengger di peringkat ketiga dunia untuk kasus baru kusta. Posisi dua besar dihuni oleh India dan Brazil.

Tingginya kasus kusta di Indonesia salah satunya karena stigma masyarakat bahwa kusta adalah penyakit kutukan atau karma. Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mengakui bahwa beban penyakit kusta di Indonesia masih tinggi. Jumlah kasus yang ditemukan sebagian sudah masuk fase kecacatan.

     

Rekaman kusta Indonesia pada 2010 menunjukkan, kasus kusta baru sebanyak 17.012 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.882 atau sekitar sepuluh persen dalam keadaan cacat tingkat dua atau cacat yang belum tampak. Sedangkan pada tahun yang sama di India tercatat 126.600 penderita kusta baru. Sementara itu, di Brazil ada 34.849 orang.

     

Yang juga membuat cemas adalah, sebanyak 1.904 kasus kusta di Indonesia diderita oleh anak-anak. "Kondisi ini masih menunjukkan bahwa penularan penyakit kusta masih ada di masyarakat. Keterlambatan penemuan kasus baru masih sering terjadi," ujar Endang.

     

JAKARTA - Tidak ada gurat senyum dalam puncak peringatan Hari Kusta Sedunia yang jatuh Senin (27/2). Bagaimana tidak, Indonesia masih bertengger

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News