Penderita Parkinson Lebih Kreatif Dibanding Mereka yang Sehat

Penderita Parkinson Lebih Kreatif Dibanding Mereka yang Sehat
Penderita Parkinson Lebih Kreatif Dibanding Mereka yang Sehat

jpnn.com - SEBUAH studi baru mengungkap, penderita Parkinson mungkin memiliki tingkat yang lebih tinggi kreativitas daripada rekan-rekan mereka yang sehat. Para peneliti membandingkan tingkat kreativitas 27 pasien Parkinson dengan 27 orang sehat dari tingkat pendidikan dan usia yang sama. 

Peserta diminta untuk menafsirkan gambar abstrak, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk memprovokasi imajinasi, seperti, "Apa yang dapat Anda lakukan dengan sandal?". Dan menjelaskan metafora imajinatif seperti "syal kabut."

Para peneliti menemukan pasien Parkinson memahami lebih baik gambar-gambar, memahami makna simbolis daripada arti harfiah dan menarik sejumlah besar interpretasi dari gambar abstrak, dibandingkan denganmereka yang tidak memiliki penyakit Parkinson.

"Pasien Parkinson sering merasa sehat ketika mereka diizinkan untuk terlibat dalam kegiatan kreatif yang tentunya sangat baik bagi kesehatan mereka," kata ahli saraf di Universitas Tel Aviv Neuroscience Center, Rivka Inzelberg, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (9/10). 

"Walaupun pasien Parkinson mengalami kesulitan bergerak, mereka dapat merasa berbeda ketika mereka melukis, beberapa menggambarkan gerakan mereka sebagai perasaan besar, seolah-olah mereka tidak memiliki penyakit parkinson," kata Inzelberg lebih lanjut.

Inzelberg mengatakan penelitiannya dimulai setelah ia melihat sejumlah besar studi kasus penderita penyakit Parkinson yang mengembangkan gairah untuk seni visual atau menulis.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasien Parkinson yang mengkonsumsi obat mereka dengan dosis tinggi memberikan jawaban yang lebih kreatif daripada rekan-rekan mereka yang jarang mengkonsumsi obat. Temuan itu menunjukkan bahwa obat yang meningkatkan dopamin di otak dapat meningkatkan kreativitas otak juga. (fny/jpnn)


SEBUAH studi baru mengungkap, penderita Parkinson mungkin memiliki tingkat yang lebih tinggi kreativitas daripada rekan-rekan mereka yang sehat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News