Peneliti Jepang Kembangkan Alat untuk Tes Virus Corona, Begini Wujudnya

Peneliti Jepang Kembangkan Alat untuk Tes Virus Corona, Begini Wujudnya
Peneliti Jepang Kembangkan Alat untuk Tes Virus Corona. Foto: Gizmochina

jpnn.com, JAKARTA - Demi memerangi wabah virus Corona yang terus meluas sejumlah peneliti asal Jepang rupanya berhasil membuat terobosan baru dalam mendeteksi virus Covid-19 dalam tubuh seseorang.

Tim peneliti itu telah mengembangkan sebuah alat tes yang diklaim mampu memberikan hasil kemungkinan infeksi pada seseorang hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. Tidak dikethaui apa nama tersebut, tetapi mereka mencatat waktu ini lebih cepat dari alat pengujian yang ada saat ini.

Dilansir Gizmochina, Minggu (22/3), dalam pengembanganya peneliti Jepang itu menggandeng beberapa tim riset mulai dari Universitas Nagasakti, Canon medical Systems dan National Institute of Infectious Diseases.

Perlengkapan alat test berbentuk portabel itu didesain secara compact dan memiliki bobot hanya 2,4kg. Alat itu hanya memperlukan sampel dari hidung atau tenggorokan pasien.

Tidak hanya itu, alat ini juga dapat mendeteksi melalui material apapun yang kemungkinan memiliki jejak virus tersebut. Selanjutnya para peneliti akan menggunakan pewarna fluoresens untuk dapat melihat infeksi tersebut.

Alat yang dikembangkan asal Jepang itu memberikan harapan baru bagi pendeteksian infeksi corona sedini mungkin. Namun untuk melakukan tes menyeluruh dengan tingkat akurasi yang tinggi, butuh waktu sekitar 40 ment.

Kabarnya satu alat tes itu dapat menjalankan 700 tes berbeda setiap harinya. Usai menjalani uji klinis di Nagasaki, alat ini rencananya akan didistribusikan ke rumah sakit dan lembaga kesehatan di seluruh Jepang.(mg9/jpnn)

Sejumlah peneliti asal Jepang rupanya berhasil membuat terobosan baru dalam mendeteksi virus Covid-19 dalam tubuh seseorang.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News