Pengadilan AS Perintahkan Film Anti-Islam Dihapus dari Youtube

Pengadilan AS Perintahkan Film Anti-Islam Dihapus dari Youtube
Cindy Lee Garcia pemeran dalam film Klik Innocence of Muslim. Reuters

jpnn.com - Pengadilan Banding Amerika Serikat mengabulkan permohonan Aktris Cindy Lee Garcia yang menuntut Innocence of Muslim dihapus dari Youtube. Keputusan ini diambil dengan hasil 2-1 dari hakim yang mengadili.

Seperti yang dilansir BBC, Kamis (27/2) melansir Cindy Lee Garcia yang membintangi film itu menggugat Google selaku pemilik Youtube dan menuntut  untuk menghapus video tersebut. Alasannya, pria di balik pembuatan film itu, Nakoula Basseley Nakoula, memberinya sebuah naskah yang tidak merujuk kepada Muslim mau pun Nabi.

Innocence of Muslim memicu kekerasan di beberapa tempat di seluruh dunia pada tahun 2012. Puluhan orang tewas di Timur Tengah selama protes.

Film ini juga dikaitkan dengan serangan terhadap Klik pos diplomatik Amerika Serikat di Benghazi, Libya, yang menewaskan empat orang warga AS, termasuk duta besar Amerika Serikat.

YouTube, yang dimiliki oleh Google, menolak permintaan untuk menghapus film itu dari website.

Alasannya hanya sang pembuat film dan bukan pemeran yang memiliki hak cipta dan kewenangan untuk menarik video tersebut.

Namun, dengan adanya keputusan pengadilan yang dianggap melanggar hak cipta, bukan dengan isi film makanya video tersebut harus dihapus. (awa/jpnn)

Pengadilan Banding Amerika Serikat mengabulkan permohonan Aktris Cindy Lee Garcia yang menuntut Innocence of Muslim dihapus dari Youtube. Keputusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News