JPNN.com

Pengamat Apresiasi Kinerja Kementan Selama Bulan Puasa dan IdulFitri

Kamis, 28 Mei 2020 – 08:31 WIB Pengamat Apresiasi Kinerja Kementan Selama Bulan Puasa dan IdulFitri - JPNN.com
ILUSTRASI. Stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) melimpah. Foto: dok. BKP Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Pertanian yang juga Ketua Harian DPD HKTI Jawa Barat Entang Sastraatmaja mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyediakan kebutuhan bahan pokok selama bulan puasa hingga Hari Raya Idulfitri kemarin. Menurut dia, kebutuhan sembako terus tersedia dengan posisi harga yang stabil.

"Saya mengapresiasi karena ketersediaan pangan yang ada mencukupi semua kebutuhan masyarakat. Terlebih tidak terjadi gejolak harga. Ini menjadi bukti bahwa Kementan serius dalam menerapkan strategi dan langkah-langkah menghadapi hari besar keagamaan," ujar Entang, Kamis (28/5).

Entang menilai, sejauh ini Kementan mampu membangun koordinasi dan komunikasi yang baik antara Kementerian dan Pemerintah Daerah dalam mengurusi harga pangan serta menjaga ketersediaan bahan pokok.

"Dalam hal ini ada Kemendag, Bulog, Satgas Pangan, dan lain-lainnya yang mempung menopang kinerja Kementan sehingga tidak terjadi kendala yang begitu berarti," karanya.

Entang menambahkan, sektor pertanian sejauh ini mampu memberi jawaban dan solusi pasti atas keterpurukan ekonomi di tengah pandemi. Hal itu bisa dilihat dari nilai ekspor pertanian yang terus mengalami peningkatan.

"Bahkan terjadi surplus perdagangan produk pertanian seperti yang disampaikan Pusdatin kementan," katanya.

Meski demikian, kata Entang, momentum ini wajib dijaga dan dikembangan lebih jauh lagi. Oleh karenanya, pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada para petani yang ada di garda depan dalam memacu produksi.

"Pemerintah harus memberikan jaminan atas kualitas hidup yang lebih baik lagi bagi para petani khsusnya di era New Normal nanti. Karena berkat petani, produksi kita kian meningkat," tutupnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo