Pengamat: Butuh Aturan Agar Subsidi BBM Tepat Sasaran

Pengamat: Butuh Aturan Agar Subsidi BBM Tepat Sasaran
Pengamat ekonomi dari Universitas Diponegoro, FX Sugiyanto menyarankan pemerintah harus membuat aturan agar distribusi BBM bersubsidi tepat sasaran.. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Pengamat ekonomi dari Universitas Diponegoro, FX Sugiyanto menyarankan pemerintah harus membuat aturan dan ketegasan agar distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran.

Dia mengatakan hal tersebut menanggapi anggaran subsidi energi pemerintah yang mencapai Rp 502 triliun dan sebagian untuk subsidi hingga kompensasi BBM.

"Itu (subsidi tepat) akan efektif, kalau aturannya ditegakkan, diterapkan," ungkap FX Sugiyanto dalam siaran persnya, Jumat (3/3).

Dia menjelaskan dari data pemerintah ada kelompok mampu membeli dengan harga non-subsidi.

Namun, ketika ada subsidi, masyarakat mampu membeli BBM tersebut.

"Kelompok itu seharusnya dilarang, bukan sekadar imbauan, saya bicara tegas," tuturnya.

Selain menyoroti soal aturan subsidi tepat sasaran, FX Sugiyanto juga menyayangkan subsidi yang salah sasaran itu mestinya bisa direalokasi untuk anggaran yang lebih bermanfaat seperti pembangunan infrastruktur.

"Membangun jembatan Selat Sunda itu sekarang sudah Rp 200 triliun sekian, anda bisa lihat artinya untuk subsidi BBM saja itu 1 tahun sudah bisa membangun satu seperempat jembatan Selat Sunda,” ujarnya.

Pengamat ekonomi dari Universitas Diponegoro, FX Sugiyanto menyarankan pemerintah harus membuat aturan agar distribusi BBM bersubsidi tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News