Pengamat: Erick Thohir Berpeluang Besar Diusung PDIP Jadi Cawapres, Begini Alasannya

Pengamat: Erick Thohir Berpeluang Besar Diusung PDIP Jadi Cawapres, Begini Alasannya
Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir berpotensi besar diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo.

Pasalnya, pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan representasi pemimpin religius.

Cecep menjelaskan Erick Thohir merupakan kader dari Nahdlatul Ulama (NU). Ia merupakan Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Berkat kepemimpinan Erick Thohir, acara peringatan 1 Abad NU tersebut dapat terselenggara dengan sukses dan meriah.

Selain itu, Erick Thohir juga terus mendapatkan dukungan dari partai bercorak Islam di Pilpres 2024 mendatang, yakni PAN.

Bahkan, PAN merupakan partai pertama yang mengusulkan Capres PDIP Ganjar Pranowo dapat berpasangan dengan Erick Thohir dalam kontestasi demokrasi mendatang.

“Memang keberadaan cawapres sangat penting yang merepresentasikan kelompok Islam. Erick Thohir adalah representasi dari PAN dan Banser,” terang Cecep.

“Ada kemungkinan PDI Perjuangan akan memilih Erick Thohir,” imbuhnya.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai Erick Thohir berpotensi besar diusung oleh PDIP sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News