Pengamat Ini Sebut Nama Tokoh yang Pantas Jadi Menag Menggantikan Gus Yaqut, Siapa Dia?

Pengamat Ini Sebut Nama Tokoh yang Pantas Jadi Menag Menggantikan Gus Yaqut, Siapa Dia?
Pengamat politik Dedi Kurnia Syah. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dedi Kurnia angkat bicara soal pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait pengeras suara azan di masjid yang menimbulkan kontroversial.

Menurut Dedi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mencopot Gus Yaqut dari jabatannya demi menjaga nama baik.

"Presiden perlu menjaga nama baik dengan melepas menteri agama dan segera mencari tokoh pengganti," kata Dedi kepada JPNN.com, Sabtu (26/2).

Dedi mengatakan jabatan menteri agama harus diisi tokoh yang mampu melepas identitas politik.

"Semisal menteri terdahulu, sesama kader partai politik, tetapi dalam kebijakan tidak memperlihatkan karakter politisi," ujar Dedi.

Menurut Dedi, sosok tokoh politik dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), seperti Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mempunyai kapasitas untuk menjadi menteri agama.

"PKB cukup banyak tokoh yang lebih baik dan punya kapasitas menjadi menteri agama, dari Muhaimin Iskandar sendiri atau Saifullah Yusuf pun cukup tepat," ujar Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu 

Sebelumnya, Anggota DPD Sudirman mengatakan kontroversi yang dilakukan oleh menteri agama telah menimbulkan keresahan dan resistensi umat muslim kepada pemerintah, khususnya Kementerian Agama.

Pengamat politik Dedi Kurnia angkat bicara soal pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait pengeras suara azan di masjid yang menimbulkan kontroversial, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News