Pengamat Optimis Target Pertumbuhan 6 %

Pengamat Optimis Target Pertumbuhan 6 %
Pengamat Optimis Target Pertumbuhan 6 %

JAKARTA - Pengamat Ekonomi dari The Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Pande Radja Silalahi menilai target pertumbuhan ekonomi Indonesia 2010 sebesar 6 persen sebagai angka yang realistis. Menurut Pande, berbagai indikator ekonomi menunjukkan perekonomian nasional tengah mendapat dorongan positif, sehingga mampu melaju dengan baik sesuai perkiraan sebelumnya. Bahkan tahun 2011, perkiraan pertumbuhan mencapai angka 6,4 – 6,5 persen bukan angka yang terlalu muluk.

“Saya melihat angka 6,4 sampai 6,5 persen tahun depan bukan hal yang muluk. Ekonomi kita sekarang istilahnya sedang mendapat angin buritan, sehingga mampu melaju sesuai perkiraan, bahkan lebih cepat,” ujar pengamat ekonomi dari CSIS (The Centre for Strategic and International Studies) Pande Radja Silalahi di Jakarta, Rabu 22 Desember 2010.

Pande mengaku optimis prospek ekonomi Indonesia 2011 akan lebih baik, ketimbang tahun ini. Apalagi berbagai indikator ekonomi negara-negara yang menjadi pasar utama Indonesia, yang juga tengah membaik, akan ikut mendorong pertumbuhan Indonesia tahun depan.“Kalau kita melihat indikator ekonomi pasar utama Indonesia seperti Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan Cina juga menunjukkan angka positif,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai angka pertumbuhan per kapita Indonesia yang akhir 2010 ini sudah mencapai 3.000 dolar AS, Pande menyebutkan, angka itu sudah sepantasnya, dan bukanlah rekayasa pemerintah. “Pertumbuhan ekonomi yang naik ditambah nilai tukar yang positif sudah seharusnya diikuti pendapatan per kapaita yang terus membaik,” ujarnya. Namun, lanjut dia, tantangan yang harus lebih diperhatikan adalah menyangkut pemerataan pendapatan terhadap seluruh rakyat Indonesia.

JAKARTA - Pengamat Ekonomi dari The Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Pande Radja Silalahi menilai target pertumbuhan ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News