Pengamat Sebut KIM Pengusung Prabowo Sebagai Kubu yang Pro Keberlanjutan Jokowi

Pengamat Sebut KIM Pengusung Prabowo Sebagai Kubu yang Pro Keberlanjutan Jokowi
Ketua Umum Gerindra yang juga bakal capres Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Surabaya Survei Center (SSC), Mochtar W. Oetomo menilai partai pengusung Prabowo Subianto yang berganti nama jadi Koalisi Indonesia Maju (KIM) merupakan kubu yang pro akan keberlanjutan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia menyebut KIM merupakan kubu yang berkomitmen penuh melanjutkan program dan kebijakan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Ya jelas itu, kubu pro keberlanjutan, ini Jokowi banget,” kata Mochtar, ketika dihubungi wartawan, Sabtu (2/9).

Mochtar menyebut berubahnya nama KKIR menjadi KIM juga sama sekali tidak dipermasalahkan oleh Presiden Jokowi.

Menurutnya, hal itu bisa dikatakan sebagai simbol-simbol politik KIM menjadi representasi mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

“Pak Jokowi juga sudah berstatement tidak ada masalah nama kabinetnya dipakai sebagai nama koalisi, itu kan bahasa-bahasa simbolis dalam konteks politik elektoral,” ujar Mochtar.

“Yang bisa jadi itu juga ya publik sudah paham selama ini bahwa selain memberikan dukungan-dukungan simbolis kepada Ganjar, Pak Jokowi juga memberikan dukungan-dukungan simbolis kepada Pak Prabowo,” imbuhnya.

Bila dibedah dengan seksama, KIM terbukti berada di peringkat teratas pada survei yang diadakan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 1 hingga 8 Agustus 2023.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang merupakan pengusung Prabowo Subianto disebut sebagai kubu yang pro keberlanjutan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News