Pengamat Yakin AMIN Lolos Putaran Kedua, Ini Analisisnya 

Pengamat Yakin AMIN Lolos Putaran Kedua, Ini Analisisnya 
Kampanye pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di Jakarta International Stadium (JIS) bisa menjadi barometer untuk melihat siapa pemenang pilpres 2024. Foto dok. PKS

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai kampanye pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Jakarta International Stadium (JIS) bisa menjadi barometer untuk melihat siapa pemenang pilpres 2024.

Itu menunjukkan animo masyarakat sudah seperti gerakan rakyat, dan bukan gerakan konglomerat. 

"Mereka datang itu nothing to lose, ikhlas saja tanpa mengharapkan mendapat sesuatu. (Karena) ini bukan gerakan para bohir,” kata Pangi dalam keterangannya dikutip Minggu (11/2).

Dia melanjutkan kampanye yang dilakukan bersifat otonom, bergerak secara mandiri dan bahkan ada yang menyumbang dana pribadinya. Kegiatan itu diperkirakan dihadiri lima juta orang dari berbagai penjuru Indonesia. 

CEO dan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu juga melihat dukungan  PKS serta caleg-calegnya dari tingkat DPR hingga DPRD Kabupaten/Kota sangat massif mempromosikan AMIN. 

Terlihat dari gambar AMIN dalam setiap spanduk-spanduk mereka. Dibandingkan PKB dan Nasdem, efek Anies akan lebih besar berpengaruh kepada PKS.

“Tentu ini adalah hal yang bagus. Ada peran PKS dalam mengampanyekan AMIN. PKS mendapat keberkahan dari aspek-aspek elektoral,“ sambungnya.

Pangi pun mengatakan bahwa jika pemilih yang belum menentukan pilihannya mengarah pada 01, maka pasangan AMIN akan lolos masuk ke putaran kedua.

Pengamat yakin AMIN lolos putaran kedua dan menilai paslon capres cawapres Prabowo-Gibran akan gagal satu putaran 

Sumber AA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News