Pengerjaan Jalan Tol Japek II Elevated Capai 20 Persen

Pengerjaan Jalan Tol Japek II Elevated Capai 20 Persen
Kondisi ruas tol Jakarta-Cikampek. Foto GoBekasi

jpnn.com, JAKARTA - Realisasi pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) menunjukkan progres positif. Realisasi progres konstruksi hingga minggu kedua Januari 2018 mencapai 20,174 persen.

Capaian realisasi tersebut melebihi target yang ditetapkan, yaitu sebesar 20,159 persen.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini menyebutkan pihaknya terus melakukan segenap upaya percepatan untuk merealisasikan target yang telah ditetapkan untuk biaa dioperasikan pada April 2019.

Namun, meski progres pembangunan melampaui target, Djoko mengakui terdapat sejumlah tantangan utama dalam proses pembangunan jalan tol layang yang dibagi menjadi 10 zona tersebut.

Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan di Ruas Jakarta-Cikampek. Hal tersebut ditambah lagi dengan adanya 4 proyek infrastruktur lainnya di koridor yang sama, yaitu Light Rail Transit (LRT), High Speed Railway (HSR), Jalan Tol Cibitung-Cilincing, serta proyek internal Cabang Jakarta-Cikampek.  

"Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan, dan di sini sedang berlangsung juga kegiatan 4 proyek lain. Padahal rekayasa lalu lintas selalu dilakukan, seperti misalnya seminim mungkin menutup lajur dalam waktu singkat, atau melakukan contra flow serta imbauan menggunakan rute perjalanan alternatif lainnya apabila kondisi jalan sangat padat. Namun memang volume kendaraannya sangat padat," paparnya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini merupakan proyek inisasi Jasa Marga sebagai solusi dari kepadatan yang sering terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sekaligus sebagai jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek/Bandung atau menuju Jakarta.

Jalan tol sepanjang kurang lebih 38 Km ini membentang di Ruas Cikunir-Karawang Barat.(chi/jpnn)


Pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini ditargetkan rampung pada April 2019.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News