Pengganti Kopi yang Bikin Sore Anda Penuh Energi

Pengganti Kopi yang Bikin Sore Anda Penuh Energi
Ilustrasi

jpnn.com - Ketika energi mulai menurun di sore hari, banyak orang yang langsung beralih ke kopi agar bisa segar kembali. Bahkan menurut sebuah studi, kecenderungan ini membuat banyak orang memiliki ketergantungan pada kafein.

"Kita akan mengkonsumsi apapun yang bisa mengembalikan atau menambah energi kita, dan kita jadi terlalu bergantung pada kopi lebih dari apapun," kata ahli penyakit dalam yang juga pakar kelelahan, Dr. Jacob Teitelbaum, MD, seperti dilansir laman Huffington Post.

Bukannya kopi buruk bagi kesehatan, justru kandungan antioksidannya sangat dibutuhkan. Namun jangan sampai porsinya berlebihan, misalnya tujuh cangkir dalam sehari.

Lebih baik, jangan bergantung pada kopi dan atasi kelelahan serta tingkatkan energi anda sore ini dengan hal lain.

1. Mengunyah permen karet

Permen karet tidak hanya menyegarkan nafas namun juga merevitalisasi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan di UK menunjukkan orang-orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi daripada yang tidak makan permen karet.

Teitelbaum menambahkan pilihlah permen karet rasa mint karena mint dapat merangsang serat-serat saraf sehingga rasanya seperti memercikkan air dingin ke muka saat anda tengah mengantuk atau tak bergairah lagi di tengah jam kerja.

2. Konsumsi makanan dari gandum utuh

Ketika energi mulai menurun di sore hari, banyak orang yang langsung beralih ke kopi agar bisa segar kembali. Bahkan menurut sebuah studi, kecenderungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News