Pengganti Mbah Marijan, Ditunjuk setelah 40 Hari

Pengganti Mbah Marijan, Ditunjuk setelah 40 Hari
Pengganti Mbah Marijan, Ditunjuk setelah 40 Hari
JOGJA - Keraton Jogja memastikan penggantian juru kunci Gunung Merapi Mas Penewu Suraksohargo atau Mbah Marijan tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama. Pengganti Mbah Marijan akan ditunjuk satu hingga dua bulan ke depan.

 

"Biasanya setelah masa berkabung 40 hari," ujar Pengageng Kawedanan Hageng Punakawan Keraton Jogja GBPH Prabukusumo kemarin (28/10). Meski demikian, Prabukusumo mengatakan bahwa calon pengganti Mbah Marijan belum diputuskan. Berdasar tradisi, pengganti juru kunci Merapi bisa berasal dari berbagai kalangan. Misalnya, wakil Mbah Marijan sebagai juru kunci, anak atau kerabat Mbah Marijan, atau warga yang tinggal di lereng Merapi.

 

"Semua bisa dipertimbangkan," terang ketua DPD Partai Demokrat DIJ itu. Pengisian jabatan juru kunci Merapi selanjutnya akan ditangani Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura yang dipimpin GBPH Joyokusumo. Panitrapura merupakan lembaga semacam sekretariat negara (Setneg) keraton. "Dimas Joyo nanti yang mengurusi," terangnya.

 

Selanjutnya, usul dari Panitrapura akan diajukan ke Sultan Hamengku Buwono X. "Keputusan tetap berada di tangan Ngarso Dalem (HB X)," papar pangeran yang saat muda bernama BRM Harumanto itu.

 

JOGJA - Keraton Jogja memastikan penggantian juru kunci Gunung Merapi Mas Penewu Suraksohargo atau Mbah Marijan tidak akan membutuhkan waktu terlalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News