Pengguna ChatGPT Meningkat Grant Thornton Sebut Potensi AI di Indonesia Memelesat

Pengguna ChatGPT Meningkat Grant Thornton Sebut Potensi AI di Indonesia Memelesat
Grant Thornton Indonesia menyebutkan industri teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT diperkirakan akan berperan penting dalam kemajuan di sektor ekonomi. Foto: Dok Grant Thornton Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Industri teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT diperkirakan akan berperan penting dalam kemajuan di sektor ekonomi.

Sebab, ChatGPT (Generative Pre-Trained Transformer) belakangan ramai diperbincangkan di linimasa karena kemampuannya untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, bahkan menyelesaikan pertanyaan matematika.

Hal itu menjadikan ChatGPT digadang lebih canggih daripada Bard chatbot besutan Google.

Menurut Kemenkominfo, teknologi kecerdasan buatan diprediksi akan menambah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga 386 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 5,5 triliun pada 2030 mendatang.

IT Advisory Director di Grant Thornton Indonesia Goutama Bachtiar mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk menggunakan dan lebih pentingnya melakukan inovasi berbasis AI. Berbagai industri yang dapat menggunakan dan memanfaatkan AI secara lebih masif yaitu telekomunikasi, manufaktur, transportasi, logistik, serta edukasi.

"Terlebih lagi di sektor jasa keuangan dan perbankan dimana mereka sudah mengadopsi penggunaan otomatisasi di lima tahun terakhir," ujar Goutama, Jumat (24/2).

Selain itu, pemanfaatan AI dapat dicermati pada perkembangan layanan daring pada sektor transportasi, perbankan, belanja, dan keuangan berbasis digital serta digitalisasi dalam penyediaan materi pendidikan dan pelatihan.

"Pada sektor ekonomi, perbankan, dan keuangan, AI berperan dalam pertumbuhan cashless society, business start-up, dan transaksi online, serta transformasi toko fisik menjadi pemain e-commerce karena masifnya transaksi online dengan memanfaatkan digitalisasi," katanya.

Industri teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT diperkirakan akan berperan penting dalam kemajuan di sektor ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News